Kapal kargo atau kapal barang sejatinya adalah kapal yang mengangkut berbagi jenis barang atau muatan dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Sejarah kapal kargo telah ada sejak zaman Yunani kuno dimana para pedagang Yunani menjual barang – barang dagangannya ke tempat yang jauh seperti Spanyol, Mesir, hingga Italia menggunakan kapal. Tidak hanya itu, medan di Yunani yang penuh dengan pegunungan yang berlika – liku, membuat para pedagang lebih memilih untuk memasarkan barang dagangannya melalui laut.
Selain itu, kapal kargo juga dapat memuat barang dalam jumlah yang besar dalam sekali perjalanan dibandingkan dengan metode lainnya seperti menggunakan hewan untuk mengangkut barang. Inilah yang membuat kapal kargo begitu diminati oleh para pedagang kala itu. Bahkan hingga saat ini, kapal kargo tetap menjadi pilihan untuk mengirim barang dalam jumlah besar. Meskipun ukuran kapal kargo terkenal sangat besar, tapi ternyata ada beberapa kapal kargo yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kapal kargo lainnya. Mau tahu apa saja kapal – kapal kargo terbesar yang pernah dibuat oleh manusia? Yuk simak disini!
- OOCL Hongkong
Di urutan pertama, ada OOCL Hong Kong, kapal raksasa ini dibuat oleh perusahaan Orient Overseas Container Line dan merupakan kapal kargo terbesar yang pernah ada hingga saat ini. Ukurannya mencapai 21.000 TEU (twenty-foot equivalent unit). OOCL Hong Kong diluncurkan dan dikirim pada Mei 2017, melayani jalur perdagangan dari Asia Timur ke Eropa Utara di bawah bendera Hong Kong. Menurut pihak OOCL, dibangunnya kapal ini tercetus dari gagasan One Belt One Road China dan penandatanganan Perjanjian Dagang Bebas antara Hong Kong dan negara-negara ASEAN.
- Cosco Universe
Dibangun oleh China State Shipbuilding Corporation (CSSC) dan ditransfer ke China Ocean Shipping Company Limited (COSCO) pada 2018, kapal container yang satu ini memiliki kapasitas sebesar 21.237 TEU, dengan panjang 400 meter, dan lebar 58,6 meter, menjadi kapal kargo terbesar di Tiongkok. Kapal ini dilengkapi ABB Turbocharger untuk mendukung performa dan peningkatan efisiensi bahan bakar sehingga menghasilkan kecepatan maksimum sampai 22 mil laut per jam.
- CMA CGM Antoine De Saint Exupery
Kapal dengan kapasitas 20,954 TEU ini merupakan kapal kontainer terbesar yang beroperasi di bawah naungan bendera Prancis. Menyandang nama besar penulis dan penerbang asal Prancis, Antoine De Saint Exupery, kapal super besar ini dibangun oleh perusahaan pembuat kapal Hanjin Heavy Industries and Construction, Filipina. CMA CGM memiliki panjang 400 meter, dengan lebar 59 meter, dan bobot mati sebesar 202,684. Diiluncurkan pada tahun 2017 dan mulai beroperasi pada awal Februari 2018. CMA CGM melayani rute laut terpanjang yang menghubungkan Asia ke Eropa Utara, French Asia Line 1 (FAL-1). Kapal peti kemas ini termasuk jenis kapal ramah lingkungan karena diilengkapi mesin generasi teranyar dari Becker Twisted Fin yang diklaim dapat menurunkan konsumsi minyak hingga -25% dan emisi gas buang hingga 4%. Selain itu, kapal ini juga memiliki sistem filter dan lampu UV untuk pengolahan ballast water (air yang diisi ketika kapal tidak bermuatan) yang memastikan perlindungan keanekaragaman hayati laut yang lebih besar.
- Madrid, Maersk
Madrid merupakan kapal kargo Maersk pertama dari sebelas kapal Kelas Tripple E Generasi Kedua. Kapal yang dibangun oleh Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering menjadi yang kedua yang memiliki daya angkut melebihi 20.000 TEU. Meskipun awalnya kapasitas resmi kapal ini ditetapkan 19.630 TEU, modifikasi desain yang dilakukan Maersk Line berhasil menasbihkan kapasitas kapal hingga 20,568 TEU. Dengan bobot mati 192,672 MT, panjang 399 meter, lebar 58,8 meter, kapal ini didapuk sebagai kapal jenis ULCV di bawah kepemilikan perusahaan pelayaran Denmark, Maersk Line, dan dioperasikan oleh Grup A.P.Moller-Maersk.
- Ever Golden
Terakhir, ada kapal kargo Ever Golden yang memiliki bobot mati 218.000MT, panjang 400 meter dan lebar 58,8 meter. Bila digabungkan, kapal ini seukuran empat lapangan sepak bola. Dibuat tahun 2018 oleh Imabari Shipbuilding, di galangan kapal Saijo, Ever Golden merupakan kapal peti kemas berdaya angkut 20.000 TEU pertama yang dibangun Imabari di antara kapal-kapal sejenisnya seperti Ever-Goods, Genius, Given dan Gifted yang akan dikirim ke dan dioperasikan oleh perusahaan pengiriman kargo Taiwan, EVERGREEN. Kapal yang mengibarkan bendera Panama ini memiliki panjang 12 meter, namun hanya kecepatan maksimumnya hanya 11,4 mil laut per jam.